× Masuk






  • Fitur Premium Rp.2500
    Terbatas :
    Tentang Kami Hubungi © Copyright 2021 - 2024
  • Cara Efektif Menghadapi Backstabbing / Teman yang Suka Menusuk dari Belakang di Lingkungan Kerja

    INSTAN CV - Kamis 15 Februari 2024 15:39 WIB

    Cara Efektif Menghadapi Backstabbing / Teman yang Suka Menusuk dari Belakang di Lingkungan Kerja

    Sumber Gambar : by INSTAN CV

    Dalam dunia kerja, tidak selamanya segalanya berjalan lancar. Ada saatnya kita dihadapkan pada rekan kerja yang tidak menyenangkan, bahkan mencoba merugikan kita dengan tindakan yang dikenal sebagai "menusuk dari belakang" atau "backstabbing".

    Penting bagi kita untuk tetap tenang dan berpikir rasional ketika menghadapi situasi semacam ini, meskipun mungkin kita merasa marah, kesal, atau terhina.

    Berikut adalah beberapa panduan yang dapat diikuti ketika menghadapi rekan kerja yang terlibat dalam perilaku "menusuk dari belakang":

    Gunakan Pendekatan Logis

    Pertama-tama, penting untuk mencoba memahami konteks dan situasi yang terjadi. Apakah rekan kerja tersebut memang memiliki niat buruk untuk merugikan kita, atau ada faktor lain yang mempengaruhinya? Penting untuk tidak terbawa emosi dan menggunakan logika dalam menilai situasi ini.

    Tetap Tenang

    Meskipun sulit, tetaplah tenang ketika merasa terluka atau marah. Memberi diri waktu untuk meresapi informasi yang diterima dapat membantu menghindari pengambilan keputusan impulsif yang dapat memperburuk situasi.

    Komunikasikan Kekhawatiran dengan Rekan Kerja

    Jika yakin bahwa rekan kerja memiliki niat buruk, pertimbangkan untuk berbicara dengannya secara tenang dan profesional. Sampaikan kekhawatiran Anda dan coba pahami alasan di balik perilakunya.

    Melaporkan Kepada Atasan

    Jika merasa bahwa tindakan rekan kerja sudah merugikan, sampaikan laporan kepada atasan. Atasan memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan bebas dari diskriminasi. Mereka dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk menanggapi situasi ini.

    Menjaga Jarak

    Selain langkah-langkah sebelumnya, penting untuk melindungi diri sendiri dari dampak rekan kerja yang tidak etis. Hindari bekerja sama dengan mereka dan kurangi keterlibatan dalam kegiatan yang tidak diperlukan. Kumpulkan bukti-bukti yang mendukung tuduhan Anda, yang dapat berguna jika dibutuhkan untuk membela diri.

    Penelitian dari University of California, Berkeley menunjukkan bahwa perilaku "menusuk dari belakang" dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik karyawan. Oleh karena itu, langkah-langkah yang tepat dapat membantu melindungi diri dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perilaku tersebut.

    Ingatlah, mengenali dan menghadapi rekan kerja yang tidak etis adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan di lingkungan kerja.

    Dipublikasikan 7 bulan yang lalu
    Artikel Lainnya
    picture
    Teknologi
    Handphone yang Tahan Banting, Pilihan untuk Ketahanan Maksimal
    24 Agustus 2024

    picture
    Jasa
    Ongkir Cargo Ekspedisi Surabaya Kendari Dijamin Murah dan Terpercaya via Kapal Laut
    04 Juli 2024

    picture
    Pekerjaan
    Mengapa Orang Bisa Bosan dengan Pekerjaannya?
    28 Juni 2024

    picture
    Jasa
    Ekspedisi via Kapal Laut dari Jakarta Ke Kotamobagu Termurah
    26 Juni 2024

    picture
    Gaya Hidup
    Buat Undangan Digital Yang Memukau Dengan Berbagai Acara
    29 Mei 2024

    picture
    Tips & Trick
    Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang
    24 April 2024

    © 2021 - 2024 INSTAN CV All rights reserved