× Masuk






  • Fitur Premium Rp.2500
    Terbatas :
    Tentang Kami Hubungi © Copyright 2021 - 2024
  • 8 Strategi Jitu: Menjadi Kandidat Berkualitas Meskipun Tanpa Pengalaman Kerja

    INSTAN CV - Senin 18 September 2023 20:31 WIB

    8 Strategi Jitu: Menjadi Kandidat Berkualitas Meskipun Tanpa Pengalaman Kerja

    Sumber Gambar : by INSTAN CV

    Tidak memiliki pengalaman sering kali membuat fresh graduate merasa tidak memiliki nilai jual saat melamar pekerjaan. Padahal, belum tentu juga perusahaan mencari kandidat yang berpengalaman. Selain itu, penting untuk diingat bahwa daya tarik seorang kandidat tidak hanya tergantung pada pengalaman yang dimilikinya.

    Cara Meningkatkan Nilai Jual Anda Meskipun Tanpa Pengalaman

    Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual Anda saat melamar pekerjaan, bahkan jika Anda belum memiliki pengalaman. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ambil :

    1. Magang atau Freelance

    Selama Anda belum mendapatkan pekerjaan tetap, mengikuti magang adalah pilihan yang lebih baik daripada menganggur. Saat memilih program magang, sebaiknya pilih bidang yang sesuai dengan target karier Anda secara jangka panjang. Jika Anda tidak dapat menemukan program magang, pertimbangkan untuk mencari proyek freelance. Tidak masalah jika bidangnya berbeda dari fokus karier Anda. Alternatif lain adalah memulai bisnis kecil-kecilan.

    2. Training dan Sertifikasi

    Mengikuti program pelatihan singkat akan meningkatkan keterampilan Anda dan melengkapi pengetahuan yang Anda miliki. Ini dapat sangat efektif dalam meningkatkan peluang Anda diterima bekerja, terutama jika keterampilan tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

    3. Pengalaman Organisasi atau Volunteer

    Meskipun bidangnya berbeda dengan pekerjaan yang Anda lamar, pengalaman berorganisasi menunjukkan bahwa Anda memahami kerja tim dan kerjasama dengan berbagai divisi untuk mencapai tujuan bersama. Jika Anda kurang aktif di organisasi selama kuliah, pertimbangkan untuk menjadi relawan di lembaga sosial atau keagamaan.

    4. Membaca dan Menambah Pengetahuan

    Baca buku dan artikel yang dapat meningkatkan kemampuan Anda dan memperluas wawasan Anda. Fokus pada bacaan yang relevan dengan bidang pendidikan Anda atau yang berkaitan dengan soft skill dan kepribadian diri.

    5. Belajar Bahasa Asing

    Selain menguasai Bahasa Inggris, kemampuan dalam satu bahasa asing lainnya dapat meningkatkan nilai Anda di mata calon pemberi kerja, terutama jika Anda berencana bekerja di lingkungan internasional.

    6. Jujur dan Transparan

    Tidak ada gunanya menyembunyikan kenyataan tentang kurangnya pengalaman. Jujurlah dalam mengisi CV Anda dan dalam wawancara, sambil meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda siap dan bersedia belajar.

    7. Perhatikan CV Anda

    Pastikan CV Anda rapi, mudah dibaca, dan tidak terlalu panjang. Cukup cantumkan informasi yang relevan dan penting. Jangan lupa untuk menjaga formatnya agar tetap profesional.

    8. Penampilan yang Rapi

    Meskipun bukan faktor utama, penampilan yang rapi dan bersih dapat memberikan kesan yang baik pada pemberi kerja. Pastikan pakaian Anda terlihat profesional dan bersih saat wawancara.

    Tidak perlu merasa rendah diri jika Anda belum memiliki pengalaman kerja. Dengan usaha dan dedikasi dalam pengembangan diri, Anda akan meningkatkan nilai jual Anda, bahkan jika Anda belum memiliki pengalaman kerja yang tercatat dalam CV Anda. Kalian juga dapat menemukan beberapa pilihan templat CV kekinian hanya di instancv.com.

    Dipublikasikan 1 tahun yang lalu
    Artikel Lainnya
    picture
    Teknologi
    Handphone yang Tahan Banting, Pilihan untuk Ketahanan Maksimal
    24 Agustus 2024

    picture
    Jasa
    Ongkir Cargo Ekspedisi Surabaya Kendari Dijamin Murah dan Terpercaya via Kapal Laut
    04 Juli 2024

    picture
    Pekerjaan
    Mengapa Orang Bisa Bosan dengan Pekerjaannya?
    28 Juni 2024

    picture
    Jasa
    Ekspedisi via Kapal Laut dari Jakarta Ke Kotamobagu Termurah
    26 Juni 2024

    picture
    Gaya Hidup
    Buat Undangan Digital Yang Memukau Dengan Berbagai Acara
    29 Mei 2024

    picture
    Tips & Trick
    Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang
    24 April 2024

    © 2021 - 2024 INSTAN CV All rights reserved