× Masuk






  • Fitur Premium Rp.2500
    Terbatas :
    Tentang Kami Hubungi © Copyright 2021 - 2024
  • Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang

    INSTAN CV - Rabu 24 April 2024 22:42 WIB

    Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang

    Sumber Gambar : by INSTAN CV

    Semakin tinggi kualitas sebuah foto, biasanya akan memiliki ukuran file yang juga besar. Meski begitu, sekarang sudah ada aplikasi yang memungkinkan kita melakukan kompres foto 200kb atau lebih kecil.

    Ukuran 200kb menjadi ukuran yang pas karena tidak sampai mengurangi kualitas foto dan menyebabkan foto jadi pecah. Dengan ukuran file yang kecil, tentu kita bisa menyimpan lebih banyak foto di ponsel maupun PC.

    Selain itu, kompres foto 200kb juga banyak kita perlukan untuk kebutuhan pendaftaran online. Lantas, bagaimana cara kompres foto 200kb atau bahkan 100kb tanpa harus mengurangi kualitas foto tersebut? Berikut ulasannya!

    Kenapa Kompres Foto 200kb Penting?

    Kompresi atau mengecilkan ukuran foto memiliki banyak manfaat, terutama saat kita harus mengelola ruang penyimpanan yang terbatas. Berikut beberapa alasan mengapa kompresi foto penting:

    1. Menghemat Ruang

    Jika ukuran file menjadi semakin kecil, tentu kita bisa menyimpan lebih banyak foto di ruang penyimpanan digital seperti flashdisk, hardisk, ponsel, atau PC. Jika foto tidak dikecilkan, kapasitas penyimpanan akan lebih mudah penuh.

    2. Mengurangi Upload/Download Time

    Foto dengan ukuran file yang kecil akan lebih cepat diunggah atau diunduh oleh pengguna di internet. Hal ini akan semakin terasa saat kita ingin melakukannya untuk banyak foto sekaligus.

    3. Mengurangi Biaya Cloud Storage

    Selanjutnya, mengecilkan ukuran foto juga bisa menghemat biaya penggunaan cloud storage. Jika file yang kamu simpan hanya kecil, penggunaan ruang tambahan di cloud storage jadi tidak perlu lagi, bukan?

    4. Untuk Kebutuhan Pendaftaran Online

    Saat ini, berbagai pihak penyelenggara pendaftaran online seringkali meminta syarat untuk menggunakan foto berukuran 200/100 kb sebagai syarat lampiran. Dengan begitu, kamu tidak perlu mencari foto lain untuk kebutuhan tersebut.

    Cara Kompres Foto 200kb 

    Jika kamu sudah tahu kenapa mengecilkan ukuran foto itu penting, kini kamu juga harus tahu bagaimana cara melakukannya. Adapun tahapan mengecilkan ukuran foto bisa kamu lihat di bawah ini:

    1. Menggunakan Aplikasi Kompres Foto

    Saat ini, mengkompres foto bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Selain bisa menggunakan aplikasi offline seperti Photoshop atau Paint, kompres foto juga bisa kamu lakukan secara online di sebuah website.

    Cara ini tentu akan jauh lebih mudah karena kamu hanya perlu mengunggah foto yang akan dikompres. Setelah itu, ukuran foto akan menjadi lebih kecil dan bisa kamu download dan simpan di komputer.

    2. Sesuaikan Kualitas Foto

    Jika kamu menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP, pastikan untuk menyesuaikan kualitas saat menyimpan foto. Mengurangi kualitas sedikit saja sudah dapat mengurangi ukuran file secara signifikan.

    Foto yang berkualitas tidak akan mudah pecah saat gambar dibesarkan. Biasanya, kita bisa menemukan opsi pengaturan kualitas foto di bagian menu File. Jika menggunakan website, kamu tinggal upload foto saja.

    3. Pilih Format File yang Tepat

    Format JPEG adalah pilihan yang baik untuk foto dengan banyak detail, sedangkan PNG cocok untuk gambar dengan warna solid atau garis tajam. Silakan pilih ekstensi mana yang cocok dengan kebutuhan kamu.

    Jika perlu, kamu bisa menyimpan foto dengan kedua format tersebut sehingga saat diperlukan tidak perlu lagi mengeditnya. Setelah itu, kamu bisa menyimpannya di flashdisk atau menggunakan cloud storage.

    4. Kompres di Ukuran 200/100 KB

    Jangan mengkompres file terlalu kecil karena hasilnya bisa buram atau pecah saat foto dibesarkan. Ukuran ideal untuk mengkompres foto adalah 200kb atau 100kb, baik itu ekstensi JPEG maupun PNG.

    Rekomendasi Aplikasi Kompres Foto

    Jika kamu perlu mengecilkan ukuran foto, tak perlu menginstal aplikasi untuk melakukannya. Salah satu aplikasi kompres foto yang kami rekomendasikan adalah menggunakan situs ubahgambar.id.

    Dengan situs ini, kamu bisa mendapatkan ukuran foto yang lebih kecil tanpa harus banyak melakukan pengeditan. Cukup unggah file foto yang akan kamu kecilkan, lalu download hasilnya dalam beberapa saat.

    Dengan adanya situs kompres foto 200kb ini, kamu tidak perlu lagi melakukannya di Photoshop, GIMP, atau aplikasi edit foto lain yang harus kita instal terlebih dahulu. Jadi, lebih mudah dan praktis, bukan

    Dipublikasikan 5 bulan yang lalu
    Artikel Lainnya
    picture
    Teknologi
    Handphone yang Tahan Banting, Pilihan untuk Ketahanan Maksimal
    24 Agustus 2024

    picture
    Jasa
    Ongkir Cargo Ekspedisi Surabaya Kendari Dijamin Murah dan Terpercaya via Kapal Laut
    04 Juli 2024

    picture
    Pekerjaan
    Mengapa Orang Bisa Bosan dengan Pekerjaannya?
    28 Juni 2024

    picture
    Jasa
    Ekspedisi via Kapal Laut dari Jakarta Ke Kotamobagu Termurah
    26 Juni 2024

    picture
    Gaya Hidup
    Buat Undangan Digital Yang Memukau Dengan Berbagai Acara
    29 Mei 2024

    picture
    Tips & Trick
    Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang
    24 April 2024

    © 2021 - 2024 INSTAN CV All rights reserved