× Masuk






  • Fitur Premium Rp.2500
    Terbatas :
    Tentang Kami Hubungi © Copyright 2021 - 2024
  • Cara Sukses Mencari Pekerjaan Tips dan Trik Terbaik

    INSTAN CV - Minggu 17 Desember 2023 20:55 WIB

    Cara Sukses Mencari Pekerjaan Tips dan Trik Terbaik

    Sumber Gambar : by INSTAN CV

    Dengan meningkatnya jumlah penduduk, mencari pekerjaan semakin menantang. Meski memiliki pendidikan tinggi, belum tentu memastikan pekerjaan yang cepat ditemukan.

    Untuk itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar pencarian pekerjaan dapat berjalan lebih efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencari pekerjaan.

    5 Cara Sukses dalam Mencari Pekerjaan

    Berikut langkah demi langkah untuk memastikan kesuksesan dalam mencari pekerjaan.

    1. Bangun Jaringan Relasi yang Kuat

    Manfaatkan keuntungan memiliki relasi, terutama ketika sedang mencari pekerjaan. Relasi dapat berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari teman masa kecil, teman sekolah, hingga kenalan yang kamu temui dalam aktivitas sehari-hari.

    Bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu dapat membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Ingatlah bahwa kamu juga dapat menjadi jalur bantuan bagi orang lain dengan tujuan yang sama.

    2. Manfaatkan Pencarian Pekerjaan Online

    Di era digital ini, pencarian pekerjaan dapat dilakukan secara online. Sejumlah platform pencari kerja online seperti LinkedIn, Jobstreet, dan Jobs.Id menyediakan berbagai lowongan pekerjaan.

    Menawarkan keberagaman pekerjaan, mulai dari full-time dengan sistem remote, hingga pekerjaan freelance. Pencarian pekerjaan online dapat menjadi alternatif yang efektif dan efisien. Namun, tetap berhati-hati untuk menghindari penipuan.

    3. Sesuaikan Pekerjaan dengan Keahlian

    Keahlian atau keterampilan yang dimiliki sangat memengaruhi peluang diterima bekerja di suatu perusahaan. Pastikan bahwa keterampilan yang kamu miliki sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

    Mencocokkan keahlian dengan pekerjaan tidak hanya meningkatkan peluang diterima, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri. Jika diperlukan, tambahkan keahlian baru melalui belajar, kuliah, atau pelatihan keterampilan.

    4. Perhatikan Kesesuaian CV dan Surat Lamaran

    Sebelum mengirimkan dokumen lamaran, pastikan surat lamaran dan CV sesuai dengan posisi yang dilamar. Kesalahan pada dokumen ini dapat berdampak besar pada penilaian awal oleh pihak perusahaan.

    Kesesuaian yang baik antara surat lamaran dan CV dengan pekerjaan yang dituju dapat meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara.

    5. Kembangkan Sifat Ramah dan Mudah Bergaul

    Fleksibilitas dan kepribadian yang ramah dapat menjadi keunggulan saat melamar pekerjaan. Sifat yang terbuka terhadap hal-hal baru dan penuh semangat dapat memengaruhi penilaian positif dari calon atasan.

    Menurut beberapa majalah luar negeri, sikap positif dan keterbukaan terhadap hal baru dapat meningkatkan penilaian diri seseorang.

    Kesimpulan

    Mencari pekerjaan memang menantang, tetapi langkah pertama adalah memulai. Segera cari berbagai lamaran, buat CV yang sesuai, dan mulailah menulis surat lamaran.

    Jika keahlian belum mencukupi, jangan ragu untuk belajar dan meningkatkan keterampilan diri. Ingatlah bahwa keinginan untuk belajar dan berkembang selalu menjadi kunci kesuksesan.

    Dipublikasikan 9 bulan yang lalu
    Artikel Lainnya
    picture
    Teknologi
    Handphone yang Tahan Banting, Pilihan untuk Ketahanan Maksimal
    24 Agustus 2024

    picture
    Jasa
    Ongkir Cargo Ekspedisi Surabaya Kendari Dijamin Murah dan Terpercaya via Kapal Laut
    04 Juli 2024

    picture
    Pekerjaan
    Mengapa Orang Bisa Bosan dengan Pekerjaannya?
    28 Juni 2024

    picture
    Jasa
    Ekspedisi via Kapal Laut dari Jakarta Ke Kotamobagu Termurah
    26 Juni 2024

    picture
    Gaya Hidup
    Buat Undangan Digital Yang Memukau Dengan Berbagai Acara
    29 Mei 2024

    picture
    Tips & Trick
    Kompres Foto 200/100KB: Jaga Kualitas, Hemat Ruang
    24 April 2024

    © 2021 - 2024 INSTAN CV All rights reserved